//
you're reading...
Uncategorized

Pameran International Franchise, Licence & Business Concept 17-19 Juni 2011

Pameran Interntional Franchise, Licence & Business Concept yang diselenggarakan oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bekerjasama dengan Perbankan Syariah (iB) di JCC hingga tgl. 19 Juni 2011. Bahkan iklannya di Kompas hari ini (17/6) dan juga sebelumnya dengan bombastis mengatakan, “LANGKAH PINTAR PUTAR UANG…!!!”. Benarkah demikian?

Selain itu dalam iklan sebesar setengah halaman tersebut juga disebutkan, “iB Mitra Franchise: berbasis Kemitraan’.  Pameran yang diikuti oleh produk dan merek tersebut, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Bagi yang tertarik untuk ikut franchise, pelajari dulu sebaik-baiknya tawaran yang dijajakan kepada kita. Saya sebagai orang awam yang tidak pandai berdagang, pernah juga ‘termakan’ oleh isu franchise syariah namun setelah masuk ke dalamnya ternyata berbeda 180 derajat dengan konsep syariah, bahkan bertentangan dengan syariah. Jadi, saya juga mempertanyakan konsep kemitraan iB dalam iklan tersebut, jangan-jangan hanya diatas kertas. Apakah dalam prakteknya demikian?.

Saya pernah mengikuti atau ikut franchise bisnis makanan berbasis syariah. Namun, setelah masuk ternyata konsepnya lebih buruk. Bahkan, kalau saya istilahkan, ‘kita memberikan modal dia (memperbesar usahanya) dengan cara memeras keringat orang lain’. Karena setelah kita dapat tempat usaha, bisa sendiri atau sharing (ada hitung-hitungannya), kemudian semua kebutuhan makanan dibeli di kantor pusat yang notabene milik dia. (harganya lebih mahal dari pasar). Jadi, dia mengambil untung dari penjualan dan juga dari jual bahan-bahan makanan. Kalau bumbu memang hak milik dia. Ternyata, dalam perjalanannya karena sistemnya seperti itu, kita selalu tidak dapat kebagian untung, yang lama-lama menjadi buntung. (Sudah keuntungan sedikit, omzet dipotong belanja di kantor pusat yang selalu dapat dibayar cash setiap hari), kemudian barulah dimasukkan ke kas dan dihitung tiap akhir bulan untuk dibagi keuntungan. Prinsip ini hanya berjalan tiga (3) bulan, kemudian bangkrut dan uang kita tidak dikembalikan (ludes).

Oleh karena itu, bagi Kompasianer yang tertarik untuk ikut franchise agar berhati-hati, jangan sampai termakan iklan yang bombastis di tengah kegamangan hukum, termasuk yang bersyariah di Indonesia. Saya mengingatkan agar jangan sampai kecewa nantinya, karena kena ‘ketipu’ rayuan manis konsep-konsep. Bukannya saya menakut-nakuti, saya hanya menyarankan berdasarkan pengalaman saya saja yang ikut di bidang makanan/food. Mungkin dluar makanan tidak terjadi tidak seperti itu.

Sumber: http://www.kompas.com

About info pameran

expo, bazzar, event, fair, jadwal, gedung, lokasi, festival, promo, launching, karnaval, special offer

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: